Holaaaa

.

Tuesday, January 14, 2014

Yuk, Kenalan dulu sama RADIASI !

Hola!

Sebelum kita ngebahas tentang apa itu Radiografi, Radiofotografi, Radiodiagnostik technique and Positioning, Radioterapi ataupun Kedokteran Nuklir :0 alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu RADIASI. (penggunaan bahasanya udah kaya lagi kuliah kan? ;P )
Tak kenal maka tak sayang, maka perkenalkanlah teman sejati saya mulai dari masuk kuliah sampe nanti memasuki dunia kerja..

RADIASI

kalau denger kata RADIASI itu biasanya sih pasti bawaannya serem yaa, 
pokonya kalo denger RADIASI pasti kepikirannya perang, nuklir pokonya bahayaa aja.
emang sih ada RADIASI yang bahaya, tapi ga semua loh. 
RADIASI juga dibahas dalam beberapa film Hollywood, misalnya aja di film Incredible Hulk (2008) Bruce Banner akhirnya berubah jadi HULK setelah dia terpapar Radiasi Gama yang sangat besar dari alat eksperimennya. Atau di film Chernobyl Diaries (2012) yang nyeritain tentang perjalanan nekat 6 orang anak muda yang berwisata ke kota Chernobyl yang sudah ditutup karna kecelakaan nuklir yang terjadi disana.
udah ada yang nonton? hehe
Kembali ke LAPTOP, ( Eh? ) The point is, Radiasi itu ada yang bahaya ada yang tidak membahayakan,
nah ini dia pengertian RADIASI



Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik/cahaya (foton) dari sumber radiasi.

Radiasi yang kita kenal di sekitar kehidupan kita, contohnya adalah televisi, lampu penerangan, alat pemanas makanan (microwave), komputer, dan lain-lain.


Selain benda-benda tersebut ada sumber-sumber radiasi yang bersifat unsur alamiah dan berada di udara, di dalam air atau berada di dalam lapisan bumi. Beberapa di antaranya adalah uranium dan thorium di dalam lapisan bumi; karbon dan radon di udara; serta tritium dan deuterium yang ada di dalam air.

Radiasi bisa dibedain jadi 2 jenis kalau dilihat dari bentuknya :

1. Radiasi dalam bentuk Partikel 

 adalah jenis radiasi yang mempunyai massa terukur. contohnya adalah Radiasi Alpha.Radiasi alpha simbolnya 2a4, yaitu menjelaskan tentang jumlah massa dari radiasi Alphayang memiliki 4 satuan masa atom (msa) dan angka 2 menunjukkan jumlah muatanradiasi alpha yaitu positif 2 (+2)

2. Radiasi dalam bentuk Gelombang Elektromagnetik (Foton)

adalah jenis radiasi yang tidak mempunyai massa dan muatan listrik. misalnya gammadan Sinar X. dan termasuk juga beberapa radiasi tampak disekitar kita seperti sinar lampu, sinar matahari, gelombang microwave, radar dan handphone

Radiasi juga dibagi jadi 2 jenis berdasarkan sifatnya

1. Radiasi Pengion

Radiasi pengion adalah jenis radiasi yang dapat menyebabkan proses ionisasi (terbentuknya ion positif dan ion negatif) apabila berinteraksi dengan materi. Yang termasuk dalam jenis radiasi pengion adalah partikel alpha, partikel beta, sinar gamma,sinar x dan neutron.Setiap jenis radiasi memiliki karakteristik khusus. Yang termasuk radiasi pengion adalah partikel alfa (α), partikel beta (β), sinar gamma (γ), sinar-X, partikel neutron.
Nah radiasi kaya yang dijelasin diatas termasuk Radiasi yang berbahaya danpantes buat dihindarin.

2. Radiasi Non Pengion

Radiasi non-pengion adalah jenis radiasi yang tidak akan menyebabkan efek ionisasi apabila berinteraksi dengan materi. Radiasi non-pengion tersebut beradadi sekeliling kehidupan kita. Yang termasuk dalam jenis radiasi non-pengion antara lain adalah gelombang radio (yang membawa informasi dan hiburan melalui radio dan televisi); gelombang mikro (yang digunakan dalam microwave oven dan transmisi seluler handphone); sinar inframerah (yang memberikan energi dalam bentuk panas); cahaya tampak (yang bisa kita lihat);sinar ultraviolet (yang dipancarkan matahari).

OKES, buat perkenalan udah cukup dulu lah ya segitu, ibarat lagi kencan buta dipertemuan pertama, udah kenalan,udah tau namanya, udah tau tinggal dimana, sekolah dimana, anak siapa, agamanya apa, jomblo atau engga.udah cukup. buat kelanjutannya mah ntar aja buat kencan keduanya :P biar makin penasaran.

terima kasih sudah membaca :)

xoxo


sumber : www.infonuklir.com, www.batan.go.id, www.imdb.com

No comments:

Post a Comment