Holaaaa

.

Wednesday, January 22, 2014

Apa itu MRI ??

MRI (Magnetic Resonance Imaging)

adalah merupakan suatu teknik yang memanfaatkan medan magnet yang kuat, yang digunakan untuk menghasilkan gambar organ dalam pada organisme hidup dan juga untuk menemukan jumlah kandungan air dalam struktur geologi. Biasa digunakan untuk menggambarkan secara patologi atau perubahan fisiologi otot hidup dan juga memperkirakan ketelusan batu kepada hidrokarbon.

MRI ditemukan oleh Paul Lauterbur dan Sir Peter Mansfield, penemuannya ini memenangkan nobel pada tahun 2003.

Prinsip Dasar MRI
Struktur atom hidrogen dalam tubuh manusia saat di luar medan magnet mempunyai arah yang acak dan tidak membentuk keseimbangan. Kemudian saat diletakkan dalam alat MRI, maka atom H sejajar dengan arah medan magnet . Demikian juga arah spinning sejajar dengan arah medan magnet. Saat diberikan frekuensi radio, maka atom H mengabsorpsi energi dari frekuensi radio tersebut. Akibatnya dengan bertambahnya energi, atom H mengalami pembelokan, sedangkan besarnya pembelokan arah, dipengaruhi oleh besar dan lamanya energi radio frekuensi yang diberikan. Sewaktu radio frekuensi dihentikan maka atom H akan sejajar kembali dengan arah medan magnet . Pada saat kembali inilah, atom H akan memancarkan energi yang dimilikinya. Kemudian energi yang berupa sinyal tersebut dideteksi dengan detektor yang khusus dan diperkuat. Selanjutnya komputer mengolah dan merekonstruksi citra berdasarkan sinyal yang diperoleh dari berbagai irisan.


 
Cara Kerja MRI
  1. Putaran nukleus atom molekul otot diselarikan dengan menggunakan medan magnet yang berkekuatan tinggi.
  2. Kemudian, denyutan/pulsa frekuensi radio dikenakan pada tingkat menegak kepada garis medan magnet agar sebagian nuklei hidrogen bertukar arah.
  3. frekuensi radio akan dimatikan menyebabkan nuklei berganti pada konfigurasi awal. Ketika ini terjadi, tenaga frekuensi radio dibebaskan yang dapat ditemukan oleh gegelung yang mengelilingi pasien.
  4. Sinyal ini dicatat dan data yang dihasilkan diproses oleh komputer untuk menghasilkan gambar otot.
Secara Garis Besar Instrumen MRI terdiri dari :
1. Sistem Magnet 
    berfungsi membentuk medan magnet
2. Sistem Pencitraan
    berfungsi membentuk citra yang terdiri dari 3 buah kumparan koil, yaitu :
    1. Gradien koil X, untuk membuat citra potongan sagital 
    2. Gardien koil Y, untuk membuat citra potongan koronal
    3. Gradien koil Z untuk membuat citra potongan aksial
    Bila gradien koil X, Y dan Z bekerja secara bersamaan maka terbentuk potongan oblik.
3. Sistem Frekuensi Radio
    berfungsi membangkitkan dan memberikan radio frekuensi serta mendeteksi sinyal.
4. Sistem Komputer
    berfungsi untuk membangkitkan urutan pulsa, mengontrol semua komponen alat MRI dan menyimpan memori beberapa citra. Sistem pencetakan citra, berfungsinya untuk mencetak gambar pada film Rongent atau untuk menyimpan citra 
     
Kelebihan MRI
1. Tidak menimbulkan efek negatif terhadap pasien karena tidak menggunakan sinar x melainkan menggunakan medan magnet.
2. kualitas gambaran yang didapatkan lebih baik dibanding ct scan terutama untuk melihat soft tissue tubuh atau scan otak dan tulang belakang




No comments:

Post a Comment