Holaaaa

.

Thursday, January 16, 2014

Siapa sih yang menemukan x-ray???

Hola!

Karena judul dan alamat blog ini adalah FOREVERADIOLOGY, nah jadi bisa ditebak dong kalo blog ini kurang lebih akan membahas All About Radiology. Kita akan membahas berbagai macam hal tentang radiologi mulai dari ilmunya sampe info info penting tentang radiologi.


Nah, biar kita ga 'run out the concept' alias lari dari konsep, kemaren kita udah membahas tentang pengertian radiasi dam gelombang elektromagnetik.

Jadi sekarang kita akan membahas dulu apa itu X-ray dan Sejarah penemuannya..
Check this out!

Sinar X, atau x-ray lahir pada tanggal 8 November 1985 di Bavaria. hehe

Sinar X ini ditemukan oleh  Wilhelm Conrad Röntgen
ada yang familiar dari nama beliau? yup! dari nama beliau inilah makanya sinar x sering juga disebut dengan sinar Röntgen atau Ronsen.

Beliau mendapati sinar ini mempunyai kemampuan menakjubkan yaitu menghasilkan gambar di atas film fotografi setelah menembusi tisu, pakaian dan logam.

Menerusi kajiannnya, Roentgen mendapati  garam barium platinosianida bersinar apabila di letakkan berdekatan dengan tabung sinar katoda yang ditutup. Ia juga mendapati plat foto yang ditutup diletakan berdekatan dengan sinar katoda akan menjadi hitam. Dari sini kesimpulan dapat di buat bahawa sinar-X tidak bisa dilihat, bergerak dalam garis lurus dan mempunyai daya penembusan yang tinggi, yaitu dapat menembusi objek yang tidak dapat ditembus cahaya biasa.
Setelah itu, Roentgen menemukan dinding kaca berpendar cahaya apabila disinari sinar katoda. Untuk mengesahkan penemuan ini, beliau telah menjalankan satu eksperimen ringkas. Dalam eksperimen ini beliau meletakkan satu screen yang di lapisi dengan barium platinosianida dalam lintasan sinar-X. screen ini di dapati bersinar apabila dikenai sinar-X ini. Dengan meletak tangan beliau diantara tabung sinar katoda dan screen, satu bayang tangan dengan tulang-tulang di dalamnya jelas kelihatan dalam screen ini. Ini dapat membuktikan bahawa sinar-X yang keluar dari tabung sinar katoda mempunyai daya penembusan yang tinggi.


Ini dia bapak Wilhelm Conrad Röntgen salah satu pahlawan dunia kedokteran ini

Hasil Foto Rontgen pertama :)



No comments:

Post a Comment