Holaaaa

.

Tuesday, January 21, 2014

Pelayanan Kesehatan Radiologi terdiri dari apa aja sih?

Hola!
Buat yang udah baca post-post sebelumnya pasti udah ngerti dong apa itu radiasi, gelombang elektromagnetik, dan sinar x.


Nah sekarang kita akan ngebahas tentang pemanfaatan sinar x dibidang kedokteran,
khususnya dibidang radiologi.


Mungkin kamu pernah ngelakuin pemeriksaan rontgen atau sekedar nganterin keluarga ke instalasi radiologi di rumah sakit..
tapi tau ga? kalo di instalasi radiologi itu ga cuma ada pemeriksaan rontgen biasa (radiologi konvensional) ajaa..


1. Radiologi Konvensional
Memanfaatkan sinar x untuk pemeriksaan rontgen thorax, kepala, ekstremitas, vertebrae, dan pemeriksaan standar lainnya (dengan kontras)

2. CT - Scan (Computed Tomography)
Memanfaatkan sinar x dengan sistem komputerisasi sehingga bersifat lebih canggih dan digunakan untuk pemeriksaan seluruh organ tubuh seperi susunan saraf pusat, otot dan tulang, tenggorokan, hidung, thorax dan rongga perut.

3. MRI (Magnetic Resonance Imaging)
adalah prosedur diagnostik mutakhir untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan di dalam tubuh. berbeda dengan CT Scan, MRI tidak menggunakan sinar x, melainkan memanfaatkan Medan magnet yang kuat.

4. USG (Ultrasonography)adalah suatu teknik diagnostik pencitraan yang menggunakan ultrasonik yaitu gelombang suara dengan frekuensi yang lebih tinggi dari kemampuan pendengaran manusia.

5. Kedokteran Nuklir
adalah cabang ilmu kedokteran yang menggunakan sumber radiasi terbuka dari disintegrasi inti radionuklida buatan (radiofarmaka) untuk tujuan diagnostik, dan terapi.



sumber: www.rscm.co.id, www.infonuklir.com

No comments:

Post a Comment